Personal

Berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Keren Banget!

September 19, 2017

Beberapa hari yang lalu saya mendengar berita bahwa Bapak Presiden Jokowi baru aja meresmikan Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Pak Jokowi berkata “Dulunya hanya tiga lantai, tidak ada yang mau datang kesini. Sekarang 27 lantai ditambah basement. Jadi jangan kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan”

Dalam hati saya “Wow, perpustakaan. 27 lantai. Imagine all the books” ditambah dengan beberapa foto perpustakaan yang beredar di media sosial, semakin memantapkan diri untuk secepatnya berkunjung ke sana bersama keluarga. Jadi, artikel ini merupakan sedikit laporan kunjungan kami dan melihat ada apa aja di sana.

Untuk lokasinya sendiri, Perpustakaan nasional ini berada di jalan Merdeka Selatan 11, tidak jauh dari Balai Kota. Begitu sampai, kami langsung diarahkan oleh Pak Satpam menuju parkiran di Basement. Jadi untuk yang membawa kendaraan, jangan khawatir karena parkiran tersedia sangat luas. Bagi yang menempuh dengan kendaraan umum, bisa naik TransJakarta dan turun di halte Balai Kota.

lantai 2 perpustakaan nasional RI
Interior lantai 2

Setelah sampai, kami langsung naik ke lantai dua untuk menitipkan tas dan barang bawaan sekaligus mendaftar keanggotaan perpustakaan. Pertama kali melihat interior perpustakaan, kami kagum sekali dengan design dan suasana di ruangan ini, bagus dan nyaman. Selain menitipkan tas pada locker yang tersedia, kami juga sempat mendaftar keanggotaan serta melihat koleksi perpustakaan secara online melalui komputer yang ada di ruangan ini. Ternyata bukan cuma buku dalam bentuk fisik tapi juga ada e-book lho!

taman anak
area bermain dan baca

Selanjutnya, kami pun langsung menuju bagian untuk anak-anak di lantai 7. Setelah sampai, lagi-lagi kami dibuat kagum dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini. Anak-anak pun langsung heboh melihat area bermain yang luas. Kebetulan, tadi sangat sepi pengunjung sehingga anak-anak pun bisa bermain dengan puas. Mungkin juga karena baru diresmikan sehingga belum banyak yang tahu tentang tempat ini. Yang pasti, saya prediksikan lantai 7 ini akan menjadi tempat yang selalu penuh ke depannnya. Khusus untuk lantai ini, saya sendiri menyayangkan digabungnya area bermain dan membaca untuk anak-anak, dimana mereka yang ke tempat ini untuk belajar dan membaca pasti akan terganggu dengan yang bermain. Yah kita lihat saja ke depannya gimana.

perpustakaan nasional republik indonesia
Lantai 7 area anak

Selagi anak-anak dan istri asyik bermain di lantai 7, saya pun mulai menjelajahi lantai-lantai lainnya. Mulai dari lantai 8 hingga lantai 22. Hasil ngobrol dengan penjaga perpustakaan serta pak Satpam yang berkeliling, ternyata belum semua lantai siap untuk dikunjungi. Saya sendiri yang sedang asik duduk dan membaca di lantai 9, tiba-tiba ditegur oleh Pak Satpam karena ternyata lantai ini belum boleh dikunjungi. Memang sih, terlihat rak bukunya masih banyak yang kosong, walaupun saya melihat ada beberapa buku yang sepertinya menarik untuk dibaca.

“Maaf, pak. Lantai ini belum siap untuk dikunjungi karena sedang dirapihkan. Silahkan langsung ke lantai 20, 21 dan 22”

reading area
Area membaca perpustakaan nasional republik indonesia. Nyaman banget

Saya pun langsung menuju lantai tersebut. Dan berbeda dengan lantai-lantai sebelumnya, di ketiga lantai tersebut memang sedikit agak ramai dengan pengunjung yang membaca atau sekedar membuka laptop untuk mengerjakan tugas.

Kesimpulan, sangat menggembirakan dan cukup membanggakan bahwa Indonesia punya perpustakaan nasional yang mewah dan canggih. Mudah-mudahan ini diikuti dengan meningkatnya minat baca masyarakat kita. Ayo berkunjung ke Perpustakaan nasional Republik Indonesia 🙂

This slideshow requires JavaScript.

Only registered users can comment.

  1. Ane mau tanya bang kan ane mau ganti mobo, dari chipset h110m ke b250m langkah apa aja yang harus ane lakuin, makasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *