luanchbox app
Gaming | PC

Launchbox: Merapihkan seluruh koleksi game di satu tempat

April 30, 2017

Kalau kalian kayak gw, suka ngeliat koleksi file game tertata rapi di satu tempat, kalian pasti suka dengan launchbox. Launchbox adalah sebuah software game library interface, launcher, front end atau apa lah namanya. Buat yang punya akun steam, pasti udah familiar lah dengan tampilan game library kayak gini. Nah, tapi ada bedanya antara steam library dengan launchbox ini. Sementara steam library hanya menampilkan game PC yang ada di akun steam kalian, launchbox ini menampilkan berbagai macam game dari koleksi rom emulator kalian, termasuk juga game PC di akun steam kalian! 

Koleksi game kelihatan rapi

Koleksi game yang bisa ditampilkan pun lengkap banget dari berbagai macam platform mulai dari modern PC game, DOS, sampai emulator console classic seperti: NES, SEGA Megadrive, Famicom, Nintendo Cube dll. Kelebihan lain dari launchbox ini adalah tampilannya yang cakep, keren dan rapi. Masing-masing koleksi game bisa ditampilkan bersama dengan cover gamenya, box art, fan art, screenshot dan cuplikan video, bahkan latar belakang dari game tersebut. Semua database tersebut langsung diambil dan diimport dari internet. Dijamin semua koleksi game kalian makin kelihatan keren dan tertata rapi. Punya pertanyaan seputar sotware ini? Jangan khawatir, di youtube tutorialnya banyak banget dan support dari komunitas online untuk software ini membantu banget.

game jadul di launchbox
arcade classic di launchbox

Waktu pertama kali menginstall dan menjalankan launchbox ini pastinya librarynya akan terlihat kosong dan kalian sendiri yang secara manual harus menambahkan koleksi game, emulator dan rom kalian ke dalam library. Namun itu pun sangat mudah dilakukan cukup dengan mengarahkan launchbox ini ke direktori koleksi game kalian. Lalu launchbox akan men-scan game yang ada pada direktori tersebut, apabila PC kalian sudah terkoneksi internet, launchbox akan melengkapi semua data tentang game tersebut. Setelah selesai, bisa langsung dimainkan. Untuk controller game, defaultnya launchbox akan menggunakan mouse dan keyboard. Namun dengan mudah bisa disetting agar berjalan menggunakan controller console. Gw sendiri tetap memainkannya dengan controller xbox 360 andalan gw, untuk lebih memberikan feeling main console khususnya pada game-game klasik.

emulator nintendo 64
Koleksi game terlihat lebih keren dengan box artnya

Nah, gimana cara mendapatkan software ini? Gampang. Kalian tinggal ke www.launchbox-app.com untuk mendownload softwarenya. “Wah pasti mahal nih!” Tenang aja, software ini bisa kalian dapatkan dengan gratis kok. Tapi memang ada option yang berbayar yang dinamakan Big Box, dimana kalian bisa mendapatkan lebih banyak fitur dan kustomisasi dari launchbox yang gratisan. So far, gw sih belum coba dan kayaknya tertarik untuk nyoba versi Big Box yang berbayar untuk melihat apakah perbedaannya signifikan antara yang gratisan dengan yang berbayar dan apakah worth it membayar sekitar 20$ untuk licensenya. Nanti kalau jadi, artikel ini akan gw update.

Gimana? Tertarik buat coba launcbox? Atau kalian ada rekomendasi software serupa yang menurut kalian lebih keren? Tulis di kolom komentar. Oiya, beri komentar juga kalau kalian mau gw bikin video reviewnya di youtube.

Only registered users can comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *