PC | Review

Notebook HP 14-AN028AU: Ada Harga, Ada Performa

April 15, 2017

Kalau ngomongin gadget entry level dengan spek yang rendah, yang harus diingat adalah kesadaran bahwa gadget yang kita punya ini terbatas kemampuannya. Menyeimbangkan antara keinginan kita dengan performa gadget merupakan hal yang penting agar kita tidak kecewa lalu langsung mencap buruk produk tersebut. Pendeknya, “ada harga, ada performa” Nah, apa yang bisa kita harapkan dari HP 14-AN028AU, sebuah notebook 3 jutaan di kelas entry level? Yuk kita review. 

Bonus tas notebook dengan design yang lumayan

Di paket pembelian, HP menyertakan sebuah tas notebook sebagai bonus yang menurut gw designnya juga lumayan simple. Btw, ini paket pembelian Lazada yang kalian bisa dapatkan di link ini ya. Gw nggak tau apakah di tempat lain pun akan mendapatkan paket yang sama. Di dalam kotaknya, nggak banyak perintilan macem-macem dan langsung straight to the point. 1 unit HP 14-AN028AU, kitab-kitab serta sebuah charger. Untuk lebih lengkapnya, video Bongkar Kotaknya bisa kalian lihat di sini.

Designnya lumayan simple

Simple & Stylish

Untuk sebuah notebook dengan harga terjangkau, tampilannya lumayan bisa diandalkan untuk dibawa nongkrong di coffee shop ataupun area publik lainnya. Simple dan stylish dengan balutan warna hitam dan silver. Dengan dimensi 34.54 x 24.15 x 2.39 cm dan berat sekitar 1.94 KG cukup ringkas untuk fungsi mobilitas.

Port konektivitas di sebalah kiri dan kanan. Cukup lengkap.

Konektivitas Lengkap
Saat tur keliling bodynya terlihat port konektivitas yang lumayan lengkap. VGA port, HDMI, headphone/microphone combo, 2 USB 2.0, 1 USB 3.0, LAN port serta SD card reader. Tidak ketinggalan, DVD-RW. Teknologi yang gw gak ngerti kenapa masih ada aja yang menggunakan di era sekarang. Tapi patut dihargai lah niat baiknya. Untuk wireless connection, HP 14-an028au ini juga sudah dilengkapi dengan WiFi dan bluetooth.

Speks Apa Adanya
Masuk ke bagian speks, ironisnya mungkin di sini lah aspek terlemah dari notebook ini. Ditenagai prosesor AMD APU E2-7110 Quad core dengan speed 1.8GHz, RAM 4GB DDR3L 1600MHz serta kartu grafis AMD Radeon R2 sepertinya membuat kita tidak bisa berharap terlalu banyak soal performance. Storage dengan kapasitas 500 GB juga sepertinya akan habis dengan cepat mengingat besarnya segala macam data pada saat ini.

Walaupun layar kecil masih enak diajak nonton

Pengalaman Fungsi Office, Browsing, Multimedia dan Gaming.
Melihat dari spesifikasinya, sudah pasti kecepatan bukanlah nilai jual utama dari notebook ini. Di beberapa tugas komputasi sederhana seperti multitasking antar aplikasi bahkan membuka terlalu banyak tab pada browser membuat HP 14-AN028AU terlihat keteteran. Untuk fungsi sederhana seperti office masih bisa berjalan dengan cepat.

Sementara untuk multimedia seperti nonton film, notebook ini masih cukup bisa diandalkan dengan layar 14 inch beresolusi 1366 x 768 serta dual speaker dengan DTS Sound. Bagaimana dengan gaming? Dengan spek dan kemampuan yang terbatas, notebook ini memang bukan ditujukan untuk gaming. Jadi, daripada bertanya “bisa main (masukkan judul gaming terkini di sini) nggak?” mungkin lebih baik pertanyaannya diubah sedikit menjadi “kira-kira notebook ini bisa main game apa ya?” Nah untuk jawabannya, silahkan lihat beberapa game yang bisa dimainkan pada video ini.

Kesimpulan
Ada harga, ada performa. Mindset ini yang harus dimiliki siapa pun yang ingin membeli notebook HP 14-AN028AU. Buat kalian yang mahasiswa atau pelajar yang sedang mencari notebook untuk mengerjakan tugas sekolah atau kampus, atau bisa juga bapak ibu pensiunan berusia lanjut yang kebutuhannya hanya untuk browsing internet atau nonton youtube, notebook ini bisa jadi pilihan.

Sekian review kali ini. Bagaimana menurut kalian tentang notebook ini? Ada yang sudah pernah pakai juga? Tinggalkan komentar di bawah.

Only registered users can comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *