PC | Tutorial

Cara Merakit PC beserta gambarnya dalam 17 langkah!

June 18, 2017

Buat yang belum pernah mencoba sendiri, merakit PC itu sepertinya susah dan membingungkan. Padahal sebenernya tidak terlalu banyak proses yang harus dilakukan pada saat merakit PC. Melalui artikel ini gw akan share step by step cara merakit PC beserta gambarnya. Dan kalian akan melihat betapa mudahnya merakit PC sendiri. Mau lihat yang bentuknya video? Bisa lihat video lama Tangan Belang di sini.

Mari kita mulai!

Langkah 1
Ini adalah prosedur keamanan untuk membuang listrik statis pada badan agar pada saat menyentuh komponen tidak ada aliran listrik statis yang dapat membahayakan komponen. Cara paling sederhana adalah dengan menyentuhkan tangan pada casing. Atau bisa juga dengan menggunakan gelang anti statis.

menghilangkan listik statis
Menyentuh casing untuk mengalirkan listrik statis

Langkah 2
Keluarkan motherboard dan letakkan di atas boxnya. Di posisi seperti inilah kita akan semua komponen pada motherboard.

Mengeluarkan motherboard dari kotak
Meletakkan motherboard di atas kotaknya untuk memulai pemasangan komponen

Langkah 3
Keluarkan CPU dari boxnya dan pegang di ujung-ujungnya. PERHATIAN! Pin prosesor merupakan komponen yang sangat sensitif dan jangan sekali-kali menyentuh pin dengan tangan atau benda apa pun.

Pin prosesor
Pegang prosesor pada sisi-sisinya dan jangan sekali-kali menyentuh pinnya

Langkah 4
Buka pengunci socket prosesor pada motherboard lalu pasang CPU pada socketnya. Tidak perlu dipaksa atau ditekan karena apabila posisinya benar, cpu dan socket akan pas masuknya. Jangan lupa untuk kembali mengunci socket prosesor. Silahkan ditekan sedikit agar bisa mengunci pada kaitnya.

Memasang prosesor
Menginstall prosesor pada socketnya.

Langkah 5
Saatnya menginstall cooler. Untuk build baru dan menggunakan stock cooler (bawaan dari prosesor) biasanya sudah dilengkapi dengan thermal paste. Kalau pakai after market cooler, jangan lupa untuk mengoleskan thermal paste ke atas prosesor. Cooler AMD dan Intel bentuknya berbeda, tapi mekanisme pemasangannya sebenarnya sama aja. Letakkan di atas prosesor, lalu kunci. Apabila terkunci dengan benar, prosesor dan motherboard bisa terangkat hanya dengan mengangkat coolernya saja. Jangan lupa juga untuk mencolokkan power pin cooler pada motherboard yang bertuliskan CPU FAN.

cooler
Menginstall cpu cooler. Jangan lupa mengunci dan mencolokkan pin powernya

Langkah 6
Saatnya memasang RAM. Caranya cocokan lubang kecil pada ram dengan slot ram pada motherboard. Tekan agak sedikit keras sampai berbunyi click.

 

 

Memasang RAM
Menginstall RAM. Tekan sampai bunyi click

Sampai di sini, selesai proses memasang komponen pada motherboard (kecuali graphic card yang akan diinstall belakangan) Berikutnya kita beralih kepada casing.
Langkah 7
Pasang I/O panel (biasanya terdapat dalam box motherboard) pada casing.

memasang IO panel
Memasang IO Panel

Langkah 8
Install motherboard ke dalam casing, jangan lupa untuk memasang baut pada motherboard dan stand off.

install motherboard
Menginstall motherboard ke dalam casing

Langkah 9
Memasang Power supply pada casing. Kemudian kencangkan bautnya di bagian belakang casing.

Pasang PSU
Memasang PSU ke dalam casing

Langkah 10
Berikutnya, memasang hard disk drive. Colok kabel SATA serta kabel power dari power supply ke hard drive.

memasang hard drive
memasang HDD pada drive bay.

Setelah semua komponen terpasang di dalam casing, saatnya menghubungkan kabel ke motherboard, baik itu kabel dari power supply ataupun kabel dari casing.

Langkah 11
Pertama, hubungkan kabel power motherboard. Biasanya berjumlah 24 pin atau 20 pin, tergantung motherboard yang digunakan.

motherboard power cable
Kabel motherboard power 24 pin

Langkah 12
Selanjutnya, menghubungkan pin power CPU. Biasanya 4 atau 8 pin.

menghubungkan cpu power pin
Cpu power pin

Langkah 13
Menghubungkan Front panel pin untuk: power switch, reset switch, HDD LED dan Power LED. Langkah ini merupakan yang paling ribet dari yang lain karena pin Front panel yang kecil-kecil dan terpisah satu sama lain. Jalan satu-satunya agar tepat dan tidak salah colok adalah melihat manual book yang terdapat di box motherboard.

front panel pin
Front panel Pin. Paling ribet karena kecil kecil.

Langkah 14
Menghubungkan kabel SATA dari HDD drive ke SATA port pada motherboard.

kabel SATA
Kabel SATA ke motherboard

Langkah 15
Menghubungkan kabel USB 3.0 dari casing ke motherboard. Langkah ini sifatnya optional karena tidak semua motherboard atau casing dilengkapi dengan fitur usb 3.0

USB 3.0
USB 3.0. Tidak semua motherboard atau casing dilengkapi dengan fitur ini.

Langkah 16
Menghubungkan HD Audio dari casing pada motherboard.

HD Audio
HD Audio

Langkah 17
Yang terakhir, memasang graphic card pada slot PCIe. Jangan lupa juga mencolokkan pin power PCIe ke graphic card.

graphic card
Graphic card. Komponen terakhir yang dipasang

Selesai sudah tahap-tahap merakit PC. Tentu aja langkah-langkah di atas bukan tahap yang harus diikuti secara baku karena tiap orang pasti punya cara tersendiri dalam merakit PC. Dan gambaran di atas hanya contoh sederhana saja untuk merakit PC yang sifatnya basic. Mudah-mudahan bisa membantu buat kalian yang baru mau mulai merakit PC sendiri. Oiya, untuk hasil build PC yang ada pada gambar di atas, benchmark dan performanya bisa dilihat di video berikut.

Cara merakit PC beserta gambarnya
Rakit PC telah selesai

Terima kasih udah membaca tentang cara merakit pc beserta gambarnya. Silahkan dikomentari kalau ada yang salah atau kurang. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Only registered users can comment.

  1. bang buat video tentang rekomendasi pc gaming 5JT sudah sama monitor. Ya yang sudah bisa buat GTA 5 setting normal-high dan untu dota 2 ultra. Semoga abang baca comment ini

  2. Bang, mohon pencerahannya bang, saya mau rakit baru tapi masih research dulu nih.
    Mau tanya soal VGA card bang, untuk VGA card dengan embel2 “OC” apakah bisa dipasang di mobo tipe H?
    Embel2 “OC” itu maksudnya bisa dioverclock oleh user atau sudah teroverclock oleh brand yang menjualnya?

    Terimakasih bang atas waktunya =D

  3. Bang kalo mau nanya saya baru pertama kali mau rakit pc nih saya mau tanya itu kabel² seperti kabel sata, dan pin conecctornya dapet dari mana ya? Apa udah sama motherboardnya??? Makasihh…….

  4. mau nanya kalau mau beli motherboard harus di samain sama casing nya atau bisa bebas atau kita harus nyari motherboard yang dudukannya pas di casing? dan buat perangkat lainnya, bisa beli sembarang atau ada kemungkinan tidak compatible sama motherboardnya? makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *