monitor pc
PC

Cara memilih monitor PC yang sesuai budget dan kebutuhan

December 22, 2017

Bagaimana cara memilih monitor PC? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak mereka yang baru saja merakit PC. Bagaimana cara memilih monitor PC yang sesuai dengan budget, kebutuhan serta sesuai dengan spek PC yang baru saja dirakit.

Di video ini, secara lengkap saya memberikan sedikit panduan, khususnya buat mereka yang awam, apa saya yang harus diperhatikan pada saat hendak memilih monitor PC.

Berikut adalah checklistnya bagaimana cara memilih monitor PC

1. Budget
Lebih besar budget tentu saja akan lebih banyak yang akan dapatkuan. Mulai dari dimensi layar yang lebih lebar, resolusi yang lebih tinggi, fitur yang lebih banyak, dan lain-lain. Namun, dengan budget antara Rp 1.500.00 – Rp 2.000.000 saya rasa sudah bisa mendapatkan monitor PC yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti, office, gaming, editing dan lain-lain.

2. Resolusi
Standar resolusi monitor saat ini adalah full HD atau 1080p. Untuk kebutuhan office saya mungkin masih bisa memakai monitor dengan resolusi 720 atau bahkan 800p. Tapi untuk gaming, saya rasa 1080p is a must, kecuali memang spek PC anda memang agak sedikit lama, mungkin bisa turun ke 720p.

3. Dimensi layar
Bigger is not always better. 24 inch merupakan dimensi layar yang cukup di resolusi 1080p. Apabila menginginkan layar yang lebih besar, sebaiknya diikuti dengan kenaikan resolusi juga. 27 inch untuk resolusi 1440p atau mungkin 30 inch untuk resolusi 4K.

4.Refresh rate
Refresh rate merupakan ukuran seberapa banyak image yang di-refresh dalam setiap detiknya. Semakin tinggi refresh rate, semakin banyak image yang di-refresh, semakin smooth pula tampilan gambarnya. Refresh standar monitor PC saat ini adalah 60 hertz, yang berarti 60 frame bisa di-refresh setiap detiknya. Untuk monitor yang high end, biasanya juga memiliki refresh rate yang lebih tinggi, 144 hertz atau malah 240 hertz.

5. Layar panelnya
Monitor yang umum beredar di pasaran sekarang biasanya memiliki pilihan antara TN panel atau IPS panel. Rekomendasi saya adalah, pilih IPS panel untuk kualitas gambar yang lebih baik, reproduksi warna yang lebih baik, akurasi warna yang lebih tepat, serta viewing angle yang lebih luas. Sedangkan kelebihan TN panel terletak pada response timenya yang kecil, yang berguna untuk experience gaming yang lebih mantap, khususnya di game-game dengan pace cepat seperti game FPS, dengan input lag yang kecil. Namun, kalau anda hanya memakai PC untuk kebutuhan office, editing dan casual gaming. IPS panel yang lebih saya rekomendasikan.

6. Port koneksi
Cek apa port koneksi yang tersedia pada monitor PC yang akan anda beli. pastikan port yang sama juga tersedia di graphic card PC anda untuk meminimalisir masalah pada display. Port koneksi yang paling standar saat ini adalah DVI dan HDMI.

7. Design
Bagian ini sangat subjektif karena selera masing-masing orang berbeda-beda. Namun penilaian menyangkut monitor biasanya sama. Cari yang slim, bezel yang tipis, stand yang kokoh, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya untuk monitor PC yang sesuai dengan spesifikasi di atas

HP 23.8 Inch N240 (https://goo.gl/3SEnGV)

hp monitor

DELL Monitor LED 23 Inch S2316H (https://goo.gl/oY8WZr)

 

 

 

 

 

 

 

 


LG-24MP58VQ
(https://goo.gl/gez3fu)

 

 

 

 

 

 

BenQ GW2406Z (https://goo.gl/wW8LWy)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam.

 

Only registered users can comment.

  1. Bang Tira, apakah perbedaan antara monitor PC dengan TV? Apakah TV bisa dijadikan monitor PC atau sebaliknya monitor PC bisa dijadikan TV? Terima kasih atas perhatiannya. Salam.

    1. kedyanya bisa. tapi tentu aja experiencenya akan beda karena masing-masing tidak didesign untuk fungsi yang lain. TV buat gaming? bisa, tapi pasti ada sedikit lag dibanding pake monitor karena tv tidak didesign untuk menerima command secara cepat layaknya monitor pc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *