berani merakit pc
PC

5 alasan takut merakit PC sendiri

May 19, 2017

Salah satu tujuan gw bikin Tangan Belang adalah gw pengen orang tahu tentang PC dan bisa merakit PC sendiri. Mungkin nggak sampai jadi expert juga tapi paling tidak, tahu basicnya. Kenapa? Karena merakit PC sendiri itu jauh lebih menguntungkan bukan cuma dari segi materi tapi juga dari sisi pengetahuan baru yang bisa didapat. Gw sendiri berangkat dari orang yang nggak tahu apa-apa tentang PC, lalu bikin PC di toko, dan sampai rumah berasa “dijebak” oleh toko karena setelah gw riset ternyata harga yang gw bayarkan tidak sesuai dengan komponen yang gw dapat. Informasi dan pengetahuan memang mahal harganya.

Selain basic knowledge tentang PC, ketakutan dan tidak PD juga menjadi faktor utama kenapa orang masih ragu untuk merakit PC sendiri. Kalian bisa setiap hari baca informasi tentang “bagaimana merakit pc”, nonton video tutorial rakit PC, tapi pada akhirnya kemauan dan keberanian lah yang  akan membuat kalian bisa merakit PC sendiri.

Melalui artikel kali ini gw mau sharing sedikit tentang 5 kekhawatiran atau alasan yang biasanya bikin orang takut merakit PC sendiri atau setidaknya keburu males duluan dan pada akhirnya tetap menyerahkannya kepada toko. Mengupas alasan-alasan ini harapannya bisa memberikan sedikit kepercayaan diri buat kalian yang ingin merakit PC sendiri, dan meneguhkan tekad dari sekedar keinginan menjadi tindakan (sedaaap bahasanya) Oke, mari kita bahas satu persatu. 

Alasan pertama: “Takut kenapa-kenapa ah! Nanti meleduk lagi!”
Ini biasanya ketakutan pertama orang yang mau rakit PC sendiri. Takut komponennya rusak bahkan sebelum PCnya jadi. Guys, percaya deh. Selama kalian nggak rusuh, dalam arti komponen PC itu nggak dibanting-banting, you’ll be fine. Gw selama bikin PC, baik itu buat gw sendiri atau ngerakitin PC orang, belum pernah kejadian PCnya rusak karena komponennya rusak atau bengkok, apalagi meleduk. Kalau nggak nyala karena salah colok sih lumayan sering, tapi itu normal. Komponen PC itu kuat, dan selama kalian mengikuti prosedur pasti akan baik-baik aja. Memang ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk alasan keamanan, seperti membuang listrik statis sebelum merakit PC (bisa juga menggunakan gelang listrik statis), atau menghindari menyentuh contact point yang sensitif seperti processor pin atau socket, tapi gw rasa itu bukan jadi suatu hal yang harus ditakutkan secara berlebihan. Just follow the procedure, and you’ll be fine.

Alasan kedua: “Rakit PC itu rumit!”
Rakit PC itu sebenarnya intinya cuma 2. Meletakkan komponen pada slotnya dan menyambungkan kabel pada pinnya. Simplenya itu aja. Komponennya pun nggak banyak, dan udah hampir nggak mungkin salah masukin satu komponen ke slot yang berbeda karena designnya pun dibuat berbeda. Memang ada beberapa kabel yang menyambungkan pinnya lumayan tricky. Tapi semua informasi itu ada di buku manual atau website. Mau lebih gampang lagi, kalian bisa ikuti cara gw. Pilih salah satu satu tutorial rakit PC di youtube, lalu ikutin step by step. Setiap satu langkah, pause videonya lalu ikutin. Terus ikuti sampai prosesnya selesai. Percaya deh, mindset bahwa sesuatu itu rumit most likely karena kita belum pernah coba. Kalau kita udah pernah sekali rakit PC, pasti baru sadar kalau ternyata nggak serumit yang dibayangkan.

Alasan ketiga: “Susah bikin racikan PC. Takut nggak cocok!”
Oke gw akuin tahap meracik PC merupakan tahap yang paling krusial, karena di tahap ini kita merencanakan akan seperti apa PC kita dari segi tampilan dan performa. Tapi menurut gw, di tahap awal, khususnya buat mereka yang baru aja mau memulai merakit PC sendiri, yang penting itu adalah kompatibilitas. Basicnya sebenernya simple aja, prosesor AMD nggak mungkin masuk ke motherboard Intel. Vice versa. Cocokkan memori stick dengan slotnya, apakah itu DDR3, DDR4 atau yang lainnya. Itu soal kompatibilitas, yang berarti kalau satu dengan yang lain nggak cocok kemungkinan besar PC nggak akan jalan. Beda lagi soal memaksimalkan performa dari komponen, tapi kayaknya ini udah bukan bahasan basic lagi dan mungkin akan gw share di lain kesempatan. Tapi kalaupun kalian nggak mau atau belum pede meracik sendiri, solusinya banyak banget mulai dari lihat video-video build PC yang disesuaikan dengan budget dan kebutuhan atau nanya langsung ke forum-forum PC tentang racikan PC yang sesuai dengan keinginan kalian.

Alasan keempat: “Nggak punya alat-alat buat rakitnya”
Satu kata, Obeng. Ya, cuma obeng yang kalian perlukan untuk rakit PC. Enaknya rakit PC itu semua alat dan perintilan itu udah tersedia di dalam komponen-komponen yang kalian beli. Kalau kalian pernah beli perabotan dari IKEA dan merakitnya sendiri di rumah, kemungkinan besar kalian udah mempunyai alat-alat yang diperlukan untuk merakit PC. Memang ada alat-alat lain yang diperlukan untuk merakit PC secara proper seperti gelang anti listrik statis atau tatakan untuk meletakkan komponen-komponen PC, tapi itu sifatnya tidak wajib dan lebih ditujukan untuk mereka yang merakit PC secara profesional. Untuk mereka yang merakit PC hanya sekedar hobi, obeng sudah lebih dari cukup.

Alasan kelima: “Merakit PC sendiri itu mahal!”
Ini salah satu alasan yang faktanya justru malah kebalikannya. Merakit PC sendiri itu jauh lebih murah dibanding rakit di toko. Namanya juga service, pasti ada cost yang dibebankan kepada pengguna jasa tersebut. Belum lagi biaya-biaya lainnya seperti akomodasi menuju toko tersebut.

Dari kelima alasan yang disebutkan di atas, pada akhirnya yang paling penting adalah keberanian dan percaya diri untuk memulai. Percuma tahu teorinya di luar kepala, nontonin semua tutorial dan video rakit PC kalau nggak ada keberanian untuk mulai. So, taklukkan rasa takut dan mulai aja. It’s okay to make mistake and don’t forget to learn from it. Mudah-mudahan tulisan ini membantu mengumpulkan keberanian dan percaya diri buat kalian yang masih takut dan khawatir. Semangat!

Only registered users can comment.

  1. Alasan kelima kurang setuju, sebetulnya sama aja kalau kita beli komponen pc sendiri(online shop), jatuhnya juga mahal, apalagi buat gaming seperti graphic cards.

    Alasan dua juga kurang setuju, komponen pc juga banyak, apalagi kalau ditambah watercooling.

    1. Menurut gue gak tuh,sudah bener tutorial yg dituliskan diatas. Alasan kelima kan sdh jelas disesuiakan untuk kebutuhan agan jd duitnya tdk terbuang percuma. Klo alasan kedua komponen PC aslinya standard pabrik,balik lagi ke diri kita sendiri mau ditambah komponen lain2 untuk mempercantik estetika pc ato hanya normal aja. Intinya penjelasan step by step disini simple. G memberikan rasa takut dn rumit.
      Sukses buat agan yg mw merakit pc sendiri^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *